Cara Compile dan Decompile File Framework-res.apk


Banyak yg bertanya bagaimana cara mengganti background, warna, dll ataupun yg gemar utak-atik W8, berikut ini langkah-langkahnya mengedit frameworkres.apk : 
  1. Pertama-tama download terlebih dahulu file APKTOOL. Ekstrak ke sebuah folder.
  2. Masukkan file framework-res.apk ke dalam folder tersebut. Buat juga back up copy an dari framework-res.apk, beri nama saja framework-res1.apk
  3. Buka Command Prompt.bat yang ada di folder tersebut. Ketikkan : apktool if framework-res.apk
  4. Kemudian ketikkan : apktool d framework-res.apk
  5. Maka akan tercipta sebuah folder framework-res 
  6. Nah di folder framework-res ini berisi file-file yang sudah di decompile sehingga bisa kita edit. Baik itu mengganti gambar, ganti file XML, dan sebagainya. Contohnya seperti file XML yang jika dibuka langsung dari framework-res.apk tanpa di decompile terlebih dahulu tidak akan terbaca. Jika sudah di decompile seperti ini maka file XML yang ada di framework-res.apk akan dapat dibaca dan dibuka dengan notepad biasa sekalipun.
  7. Jika sudah melakukan pengeditan maka ketikkan : apktool b framework-res (tanpa .apk). Proses nya agak lama.
  8. Setelah beberapa lama di dalam folder framework-res akan tercipta sebuah folder baru bernama build dan dist. File framework-res.apk di dalam folder dist tidak bisa digunakan langsung di android kita karena itu adalah unsigned apk.
  9. Selanjutnya, buka folder build > apk. Kemudian buka file framework-res1.apk (file backup) dengan WinRAR. Di sini kita akan melakukan overwrite/replace file.
  10. Drag n drop file resources.arsc di folder build > apk ke framework-res1.apk.
  11. Jika ada konfirmasi Add and Replace langsung klik OK
  12. Selanjutnya ingat file apa saja yang sudah di edit tadi di langkah 6. File-file tersebut tinggal di overwrite aja sesuai dengan folder pada framework-res.apk. Misal tadi mengedit di folder res-drawable. Maka file yang ada di build-apk-res-drawable tinggal di drag n drop ke framework-res.apk-res-drawable.
  13. Jika sudah dilakukan pengeditan, ganti nama framework-res1.apk menjadi framework-res.apk. Kemudian tinggal copas pakai root explorer.

Screen Shot :


NOTE : 
  • DO WITH YOUR OWN RISK (DWYOR). PENULIS TIDAK BERTANGGUNG JAWAB KALO TERJADI APA-APA SAMA HH ANDA 
  • SEBAGAI PERINGATAN, KESALAHAN MENGEDIT FILE FRAMEWORK-RES.APK DAPAT MENYEBABKAN BOOTLOOP SEHINGGA MENYEBABKAN  HARUS FLASHING ULANG .